Di Mana Tempat Yang Tepat Memulai Bisnis Franchise?

Selain itu, keuntungan dari pihak franchise akan semakin kecil dan belum lagi dipotong dengan berbagai komisi lainnya. Bisnis franchise biasanya sudah mempunyai manajemen yang berjalan baik. Nantinya sebagai pelaku bisnis, Anda tidak perlu repot memikirkan ide bisnis, model dan sistem kerja. Setelah Anda bergabung dengan sebuah merek franchise, maka Anda bisa langsung praktik di lokasi yang baru.

Di tahap ini, silakan angkat petugas khusus untuk mengelola keuangan usaha. Karena merekalah yang akan mencatat penghasilan maupun kerugian dari franchise. Hingga akhirnya Rangga mencoba untuk memindahkan usahanya dengan sistem kerja sama kepada warung makan atau kios-kios. Dan akhirnya dia mendapatkan sebuah warung makan yang hampir bangkrut. Dengan menyewa ruangan semi permanennya yang berukuran 2×2 meter dengan harga Rp1juta per bulan. Mono pun berhenti menjual gorengan, namun dia tak jua melamar menjadi orang kantoran.

Alasan itu jugalah yang membuat bisnis franchise cocok bagi kamu yang masih pemula. Bisnis franchise atau yang dikenal juga dengan nama bisnis waralaba, merupakan sistem atau metode ketika kamu membuka bisnis baru, namun menggunakan merek dagang atau brand yang sudah ada. Misalnya McDonald’s, Dunkin’ Donuts, 7-Eleven, Pizza Hut, Circle K dan lainnya.

Bisnis Franchise

Uji semua asumsi dalam proyeksi keuangan yang disiapkan pihak franchise mulai dari harga jual, margin keuntungan, hingga volume penjualan. Meski beberapa franchise menawarkan kredit yang cukup menggiurkan, yang harus diingat adalah bunga yang dikenakan tidaklah sedikit. Pilih franchise yang sesuai dengan modal Anda, jangan terlalu muluk untuk membuka bisnis dengan skala besar tetapi harus mengorbankan diri untuk berutang.

Bisnis franchise memiliki dua bentuk, pertama yaitu produk dan merek dagang. Pihak pemilik franchise melisensikan atau menjual hak untuk memakai merek dagang tertentu kepada mitra yang ingin bergabung. Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Kehidupan masyarakat yang sibuk menuntut segala sesuatu bisa dilakukan dengan praktis dan cepat. Hal ini mendatangkan peluang bagi banyak usaha, salah satunya laundry, baik laundry pakaian, maupun laundry yang mengkhususkan pada jasa mencuci tas dan sepatu. Untuk bisa menjalankan bisnis waralaba di bidang ini, kamu membutuhkan modal sekitar Rp 15 juta hingga Rp 30 juta untuk mendapatkan berbagai peralatan yang dibutuhkan dan deterjen serta bahan-bahan pembersih lainnya.

Berikut daftar komprehensif bisnis franchise dari berbagai industri serta modal, mulai dari yang cukup murah hingga modal lumayan. Untuk itu, pastikan bahwa pemilihan jenis franchise yang akan Anda geluti sesuai dengan minat Anda serta kemampuan Anda. Namun, banyak juga yang bingung menentukan jenis bisnis apa yang sekiranya cocok mereka jalani. Oleh karena itu, memiliki situs atau akun media sosial resmi sangat penting. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan model consciousness yang dipromosikan karena pelanggan bisa memberikan suggestions pada produk yang dijual.

Dengan melakukan langkah ini, tidak menutup kemungkinan franchise yang Sahabat kembangkan bisa melebihi franchise lain dengan merek yang sama. Dengan adanya manajemen yang baik dan merek sudah dikenal oleh masyarakat, maka bisnis franchise pun kemungkinan besar memiliki peluang sukses lebih cepat dan menghasilkan untung yang berlipat. Apalagi jika bisnis tersebut telah diliput oleh berbagai jenis media, baik media nasional maupun media sosial. Pemilik merek atau franchisor memiliki andil dalam mengatur rencana bisnis, sumber daya, strategi, stok barang, dan semua hal yang berkaitan dengan pengembangan usaha tersebut. Franchisee hanya membeli usaha dan menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang telah ada. Biasanya franchisee diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan hak usahanya dari franchisor.

Sebagai pioneer dari bisnis franchise jenis kebab, Baba Rafi menawarkan modal awal sebesar Rp75 juta untuk para franchisee. Untuk membantu mengelola dan memantau keuangan bisnis franchise dengan lebih mudah dan praktis, Anda lagi-lagi dapat memanfaatkan fitur dalam software program akuntansi on-line Jurnal by Mekari. Alasannya, pihak financial institution memiliki jaminan nama besar pemilik waralaba, sementara pebisnis juga membutuhkan keberlanjutan kerja sama dengan financial institution untuk pengembangan bisnis di masa mendatang. Hal ini berguna untuk memudahkan pelaksanaan standar kerja, menghemat biaya investasi, memudahkan pengembangan usaha, serta memperlihatkan profesionalitas bisnis franchise tersebut. Sebagai gambaran, untuk membeli franchise ini, Anda membutuhkan modal paling tidak sebesar Rp850 juta.