Panduan Berpartner Bisnis

Ada beberapa orang yang memilih keluarga atau teman sebagai partnernya dalam berbisnis. Karena mereka adalah orang yang kita anggap dekat dan mengenal lebih baik daripada orang lain. Tentu saja hal tersebut akan mempermudah komunikasi dan memperkecil resiko bisnis. Modal menjadi permasalahan utama dalam membangun sebuah bisnis. Tanpa adanya modal yang cukup, bisnis yang kamu rencanakan tidak akan berjalan dengan baik. Makanya, pilih rekan bisnis yang bisa membantu kamu dalam mencari modal.

Untuk memulainya, seringkali mereka dihalangi oleh berbagai keterbatasan yang belum mampu ditanggung seorang diri. Oleh sebab itu, memulai bisnis bersama teman, adalah salah satu langkah efektif. Namun, tak bisa bersandar pada rasa percaya karena hubungan yang telah dibangun lama.

Ada kalanya kalian menempatkan diri sebagai sahabat atau menjadi rekan kerja. Dengan begitu kalian tidak hanya dapat bekerja secara lebih efektif, tapi juga dapat menjaga persahabatan kalian. Sebaiknya, sempatkan waktu untuk quality time dengan sahabatmu sekedar untuk hang around dan berdiskusi santai demi melepas kejenuhan kalian.

Berbisnis dengan parter

Seseorang yang mampu membangun bisnis sendiri dianggap mandiri dalam berkarir karena tidak tergantung pada pemberi kerja, sebaliknya malah menjadi pihak yang bisa memberikan lapangan kerja bagi masyarakat. Selain itu, niat berbisnis seringkali terbentuk karena adanya pemikiran ataupun dorongan untuk bisa cepat kaya. Selain terpercaya, Anda dan rekan bisnis seharusnya memiliki perasaan dekat dan suka satu sama lain.

Pelanggan tetap mengindikasikan tingkat kepuasaan yang diberikan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu berapa banyak jumlah pelanggan tetap yang dimiliki menjadi sangat penting. Bila terjadi peningkatan dalam penjualan, itu artinya perlu untuk merencanakan target dan strategi usaha yang baru agar terjadi perbaikan dan pengembangan usaha yang dilakukan. Hasil evaluasi usaha dilakukan untuk menentukan langkah perbaikan atau pengembangan apa untuk dilakukan selanjutnya.

Dengan menerapkan standar pengelolaan pengeluaran dan biaya pajak yang baik dan jelas dengan demikian dapat meningkatkan pengelolaan yang efektif dan efisien. “Prinsip bisnis yang dikerjakan sesuai syariat, halal, dan toyyibah adalah kunci untuk mendapatkan harta yang berkah. Janganlah menjadi pebisnis curang yang penuh dengan dosa”. “Kamu tidak akan bisa menjadi pengusaha sukses jika hanya bekerja sendiri di dalam bisnis”. Selain usaha yang keras, kamu perlu dorongan dan motivasi untuk membangkitkan semangat berbisnis. Motivasi bisa datang dari orang-orang terdekat dan tersayang.

Bersama para partner, IBM Indonesia mengajak para peserta summit untuk membangun potensi di masa depan. Acara kali ini bertujuan menggabungkan talenta dan teknologi untuk merubah cara berbisnis di era digital saat ini. Sebelum melakukan partnership, kamu harus mempertimbangkan berapa banyak uang yang akan kamu habiskan dan berapa banyak uang yang akan kamu dapatkan dari hasil partnershiptersebut.