Mengenal Bisnis Franchise

Menentukan lokasi bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha retail. Tentu Anda mengingkan space yang ramai dilalui pejalan kaki dan tidak terlalu banyak pemilik bisnis sejenis. Bisnis dengan sistem franchise ini lebih menguntungkan karena biasanya sudah punya konsumen setianya.

Untuk itu, kenali dulu jenis-jenis franchise yang mungkin bisa Anda jadikan pilihan usaha. Untuk bisa bergabung dengan usaha waralaba ini, pembeli lisensi diharuskan menyediakan lokasi berupa ruangan dengan ukuran tertentu, serta mempekerjakan beberapa orang karyawan. Meskipun tidak terdengar kekinian, bisnis air isi ulang terus berkembang, mengingat kebiasaan dalam rumah tangga masyarakat perkotaan yang menginginkan serba praktis. Kebutuhan yang tinggi terhadap air isi ulang mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan hingga sistem usahanya dikembangkan dalam bentuk waralaba.

Royalty payment adalah biaya yang harus dibayarkan oleh penerima waralaba setelah menjalankan usahanya. Umumnya berupa persentase dari pendapatan yang diterima oleh franchisee setiap bulannya di luar pajak. Hanya tinggal mengeluarkan modal sekian juta untuk memulai bisnis dan nama bisnisnya pun biasanya sudah dikenal banyak orang. Sebelum menjalankan bisnis, pastikan juga kamu mempelajari seluk-beluk bisnisfranchiseyang akan kamu jalani. Untuk itu, kenali terlebih dahulubrand-nya serta ketentuan pembayaran serta sistem bisnis yang mereka jalani.

Menjadi mitra Kebab Baba Rafi pasti untung dan low threat apabila pihak franchisee berkonsentrasi dan berkomitmen mengurus usaha kebab yang dimiliki. Kami memulai dengan menjadi reseller beberapa produk kuliner sejak 2 tahun lalu. Salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda adalah dengan memberi kejutan diskon pada pelanggan. Misalnya, untuk pembelian 5 item, pembeli akan mendapatkan potongan harga Rp10.000,00.

Bisnis Franchise

Menyadari lanskap pasar sangat penting untuk memiliki bisnis yang sukses. Biasanya para pengusaha akan mencari pemasok yang menawarkan harga yang lebih kecil. Hal ini tidak bisa kamu lakukan bila kamu sudah membeli usaha franchise.

Karena Franchisor merupakan pemilik model, maka biasanya kendali lebih banyak dipegang oleh mereka, kamu hanya perlu menjalankan dengan sistem dan manajemen yang ada. Mulai dari lokasi, pemasok yang akan digunakan, dan inovasi produk semuanya akan diatur oleh Franchisor. Jika kamu memiliki inovasi untuk bisnis, maka kemungkinan hal tersebut dapat diwujudkan sangat kecil. Kendali ini membuat ruang kreativitasmu sangat sempit dan terbatas. Sahabat pasti sudah tahu kan kalau bisnis franchise ini memiliki beragam jenis yang berbeda. Meskipun kebanyakan bisnis semacam ini berfokus pada bidang kuliner dan retail mini, namun Sahabat perlu menentukan jenis yang lebih spesifik.

Ini biasanya mencakup izin usaha umum, pendaftaran pajak, izin kesehatan, dan izin kerja. Perjanjian waralaba adalah kontrak yang mengikat antara Anda dan pemilik waralaba. Jika harus, tak ada salahnya menyewa pengacara untuk meninjau perjanjian sebelum Anda menandatanganinya, apalagi jika nilai kontraknya sangat besar.

Sebagai imbalannya, pewaralaba memperoleh penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari franchisor, dan hak untuk menggunakan sistem franchise untuk melakukan bisnis dan menjual produk atau layanannya. Franchisor atau pemilik merek dalam jenis usaha waralaba ini, tentunya memiliki kendali penuh. Misalkan saja kamu memiliki inovasi produk , maka kemungkinan besar franchisor belum bisa mengabulkan, sebab memiliki aturan sendiri. lain yang telah lebih dulu menjalani bisnis waralaba yang sama juga dapat memberikan dukungan ataupun keuntungan serupa. Sebagai contoh, saat bisnis waralaba di kota lain memiliki citra konsumen yang baik, hal ini dapat memberikan imbas yang positif kepada bisnis waralaba lainnya.